YOUTUBE
merilis halaman baru untukShows sehingga kreator dapat menata dan mempresentasikan materi bertipe episode.
Konten
terorganisir dengan baik dan menarik untuk ditonton. Acara seperti ini mengadaptasi format yang ditemukan di platform streaming seperti Netflix atau Amazon Prime.
Tampilan seri YouTube bakal terstruktur dengan baik termasuk deretan musim serta episodenya. “Kita akan mendesain tampilan yang menarik bagi para kreator melalui kreasi seni yang bisa diposting pada acara mereka dan disimpan di saluran individu,” ungkap Direktur Senior Manajemen Produk YouTube untuk Living Room Kurt Wilms seperti dilaporkan.
Digiday
, dikutip
Antara
pada Kamis,
13 Maret 2025.
Tentang Shows
Fitur terkini ini memang berbeda dengan YouTube Originals yang sudah dihentikan sejak tahun 2022. Laman baru bernama Shows tak menghadirkan konten buatan YouTube sendiri, melainkan lebih kepada kreasi para pembuatnya. Tujuan fitur ini adalah untuk memberdayakan kreator dalam menyajikan produksi mereka.
playlist
Yang telah ada sebelumnya tetapi dengan perbaikan pada elemen visual dan kegunaan. Termasuk di dalamnya adalah penambahan atraksi hiburan eksklusif bersama dengan pengembangan fitur pencarian konten YouTube.
Aplikasi yang dibuat pada tahun 2005 ini mengadopsi ide dari fitur PrimeTime Channels di YouTube yang memiliki tampilan kanal tersusun rapi. Untuk para pembuat konten tunggal, aplikasi ini meniru format halaman tersebut sebagai modelnya.
Dengan fitur teranyar ini, tim YouTube masih fokus pada peningkatan kemampuan kreator konten. Halaman Shows bakal menyediakan sarana untuk mendistribusikan isi buatan mereka serta mengoptimalkan eksposur kepada para penggemarnya.
YouTube menggunakan algoritme dari platform-nya sendiri, sehingga dapat meningkatkan visibilitas akibat munculnya konten berbentuk episode hasil kreasi pembuat konten tersebut. “Telah kami rancang laman program yang menarik untuk saluran-saluran utama, dan kita harus melihat betapa besarnya kebutuhan untuk mendongkrak penjualan ini pada kalangan pencipta konten karena mutu acara yang mereka ciptakan sangatlah bagus,” jelas Kurt Wilms.
Dengan fitur baru yang direncanakan diluncurkan menjelang akhir tahun ini, YouTube bertujuan menciptakan lingkungan yang lebih positif antara pembuat konten dengan audiensnya, terutama untuk jenis materi berseri. Selain itu, platform video tersebut juga mengembangkan strategi guna memperbaiki mutu dan ketertarikan tayangan, demi menyajikan pemirsa sebuah pengalaman nonton yang luar biasa.